Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani
bin Al ‘arif Billah Abdul Ghani bin H. Abdul Manaf bin Muhammad Seman
bin H. M. Sa’ad bin H. Abdullah bin ‘Alimul ‘allamah Mufti H. M. Khalid
bin ‘Alimul ‘allamah Khalifah H. Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad
al-Banjari (Guru Sekumpul), dilahirkan pada, malam Rabu 25 Muharram
1361 H (11 Februari 1942 M).
Nama kecil beliau adalah Qusyairi. Sejak kecil beliau sudah termasuk
dari salah seorang yang mahfuzh, yaitu suatu keadaan yang sangat jarang
sekali terjadi, kecuali bagi orang-orang yang sudah dipilih oleh Allah
SWT.
Beliau adalah salah seorang anak yang mempunyai sifat-sifat dan pembawaan yang lain daripada anak-anak yang lainnya.
‘Alimul ‘allamah Al Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani
sejak kecil selalu berada di samping kedua orang tua dan nenek beliau
yang benama Salbiyah. Beliau dididik dengan penuh kasih sayang dan
disiplin dalam pendidikan, sehingga di masa kanak-kanak beliau sudah
mulai ditanamkan pendidikan Tauhid dan Akhlaq oleh ayah dan nenek
beliau. Beliau belajar membaca Alquran dengan nenek beliau. Dengan
demikian guru pertama dalam bidang ilmu Tauhid dan Akhlaq adalah ayah
dan nenek beliau sendiri.
Meskipun kehidupan kedua orang tua beliau dalam keadaan ekonomi yang
sederhana, namun mereka selalu memperhatikan untuk turut membantu dan
meringankan beban guru yang mengajar anak mereka membaca Alquran,
sehingga setiap malamnya beliau selalu membawa bekal botol kecil yang
berisi minyak tanah untuk diberikan kepada guru yang mengajar Alquran.
Dalam usia kurang lebih 7 tahun beliau sudah mulai belajar di madrasah (pesantren) Darussalam Martapura.
Guru-guru ‘Alimul’allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani, antara lain adalah:
1. Di tingkat Ibtida adalah: Guru Abdul Mu’az, Guru Sulaiman, Guru Muh.
Zein, Guru H. Abdul. Hamid Husin, Guru H. Mahalli, Guru H. Rafi’i,
Guru Syahran, Guru H. Husin Dakhlan, Guru H. Salman Yusuf
2. Di tingkat Tsanawiyah adalah: ‘Alimul Fadhil H. Sya’rani’Arif,
‘Alimul Fadhil H, Husin Qadri, ‘Alimul Fadhil H. Salilm Ma’ruf, ‘Alimul
Fadhil H. Seman Mulya, ‘Alimul Fadhil H. Salman Jalil.
3. Guru di bidang Tajwid ialah: ‘Alimul Fadhil H. Sya’rani ‘Arif,
‘Alimul Fadhil Al Hafizh H. Nashrun Thahir, ‘Al-Alim H. Aini Kandangan.
4. Guru Khusus adalah: ‘Alimul’allamah H. Muhammad Syarwani Abdan
Bangil, ‘Alimul’allamah Asy Syekh As Sayyid Muhammad Amin Qutby. Sanad
sanad dalam berbagai bidang ilmu dan Thariqat, antara lain diterima
dari:
Kyai Falak Bogor (Abah Falak), ‘Alimul’allamah Asy-Syekh Muhammad Yasin
Padang (Mekkah), ‘Alimul’allamah Asy-Syekh Hasan Masysyath,
‘Alimul’allamah Asy- Syekh Isma’il Yamani dan ‘Alimul’allamah Asy-Syekh
Abdul Qadir Al-Baar.
5. Guru pertama secara Ruhani ialah: ‘Alimul ‘allamah Ali Junaidi
(Berau) bin ‘Alimul Fadhil Qadhi H. Muhammad Amin bin ‘Alimul ‘allamah
Mufti H. Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad, dan ‘Alimul ‘allamah H.
Muhammad Syarwani Abdan (Bangil). Kemudian ‘Alimullailamah H. Muhammad
Syarwani Abdan menyerahkan kepada Kyai Falak Bogor dan seterusnya Kyai
Falak menyerahkan kepada ‘Alimul’allamah Asy-Syekh As-Sayyid Muhammad
Amin Qutby, kemudian beliau menyerahkan kepada Syekh Muhammad Arsyad
al-Banjari yang selanjutnya langsung dipimpin oleh Rasulullah Saw. Atas
petunjuk ‘Alimul’allamah Ali Junaidi, beliau dianjurkan untuk belajar
kepada ‘Alimul Fadhil H. Muhammad (Gadung Rantau) bin ‘Alimul Fadhil H.
Salman Farisi bin ‘Allimul’allamah Qadhi H. Mahmud bin Asiah binti
Syekh Muhammad Arsyad, untuk mengenal masalah Nur Muhammad; maka dengan
demikian di antara guru beliau tentang Nur Muhammad antara lain adalah
‘Alimul Fadhil H. M. Muhammad tersebut di atas.
Dalam usia kurang lebih 10 tahun, sudah mendapat khususiat dan anugerah
dari Tuhan berupa Kasyaf Hissi yaitu melihat dan mendengar apa-apa
yang ada di dalam atau yang terdinding. Dan dalam usia itu pula beliau
didatangi oleh seseorang bekas pemberontak yang sangat ditakuti
masyarakat akan kejahatan dan kekejamannya. Kedatangan orang tersebut
tentunya sangat mengejutkan keluarga di rumah beliau. Namun apa yang
terjadi, laki-laki tersebut ternyata ketika melihat beliau langsung
sungkem dan minta ampun serta memohon untuk dikontrol atau diperiksakan
ilmunya yang telah ia amalkan, jika salah atau sesat minta dibetulkan
dan diapun minta agar supaya ditobatkan.
Mendengar hal yang demikian beliau lalu masuk serta memberitahukan
masalah orang tersebut kepada ayah dan keluarga, di dalam rumah,
sepeninggal beliau masuk kedalam ternyata tamu tersebut tertidur.
Setelah dia terjaga dari tidurnya maka diapun lalu diberi makan dan
sementara tamu itu makan, beliau menemui ayah beliau dan menerangkan
maksud dan tujuan kedatangan tamu tersebut. Maka kata ayah beliau
tanyakan kepadanya apa saja ilmu yang dikajinya. Setelah selesai makan
lalu beliau menanyakan kepada tamu tersebut sebagaimana yang dimaksud
oleh ayah beliau dan jawabannva langsung beliau sampaikan kepada ayah
beliau. Kemudian kata ayah beliau tanyakan apa lagi, maka jawabannyapun
disampaikan beliau pula. Dan kata ayah beliau apa lagi, maka setelah
berulang kali di tanyakan apa lagi ilmu yang ia miiki maka pada akhirnya
ketika beliau hendak menyampaikan kepada tamu tersebut, maka tamu
tersebut tatkala melihat beliau mendekat kepadanya langsung gemetar
badannya dan menangis seraya minta tolong ditobatkan dengan harapan
Tuhan mengampuni dosa-dosanya.
Pernah rumput-rumputan memberi salam kepada beliau dan menyebutkan
manfaatnya untuk pengobatan dari beberapa penyakit, begitu pula
batu-batuan dan besi. Namun kesemuanya itu tidaklah beliau perhatikan
dan hal-hal yang demikian itu beliau anggap hanya merupakan ujian dan
cobaan semata dari Allah SWT.
Dalam usia 14 tahun, atau tepatnya masih duduk di Kelas Satu
Tsanawiyah, beliau telah dibukakan oleh Allah Swt atau futuh, tatkala
membaca ayat:Wakanallahu syami’ul bashiir.
‘Alimul’allamah Al-’Arif Billah Asy-Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani, sejak
kecilnya hidup di tengah keluarga yang shalih, maka sifat-sifat sabar,
ridha, kitmanul mashaib, kasih sayang, pemurah dan tidak pemarah sudah
tertanam dan tumbuh subur di jiwa beliau; sehingga apapun yang terjadi
terhadap diri beliau tidak pernah mengeluh dan mengadu kepada orang
tua, sekalipun beliau pernah dipukuli oleh orang-orang yang hasud dan
dengki kepadanya. Beliau adalah seorang yang sangat mencintai para
ulama dan orang orang yang shalih, hal ini tampak ketika beliau masih
kecil, beliau selalu menunggu tempat tempat yang biasanya ‘Alimul
Fadhil H. Zainal Ilmi lewati pada hari-hari tertentu ketika hendak
pergi ke Banjarmasin semata-mata hanya untuk bersalaman dan mencium
tangan tuan Guru H. Zainal Ilmi.
Di masa remaja ‘Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. M Zaini
Abdul Ghani pernah bertemu dalam rukyah (mimpi) dengan Saiyidina Hasan
dan Saiyidina Husien (cucu Nabi Saw) yang keduanva masing-masing
membawakan pakaian dan memasangkan kepada beliau lengkap dengan sorban
dari lainnya. Dan beliau ketika itu diberi nama oleh keduanya dengan
nama Zainal ‘Abidin. Setelah dewasa, maka tampaklah kebesaran dan
keutamaan beliau dalam berbagai hal dan banyak pula orang yang belajar.
Para Habaib yang tua-tua, para ulama dan guru-guru yang pernah
mengajari beliau, karena mereka mengetahui keadaan beliau yang
sebenarnya dan sangat sayang serta hormat kepada beliau.
‘Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani
adalah seorang ulama yang menghimpun antara wasiat, thariqat dari
haqiqat, dan beliau seorang yang hafazh Alquran beserta hafazh
tafsirnya, yaitu tafsir Alquran Al-’Azhim lil-Imamain Al-Jalalain.
Beliau seorang ulama yang masih termasuk keturunan Syekh Muhammad Arsyad
al-Banjari dan menghidupkan kembali ilmu dan amalan-amalan serta
thariqat yang diamalkan oleh Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Karena
itu majelis pengajian beliau, baik majelis ta’lim maupun majelis
‘amaliyahnya di Komplek Raudah Sekumpul seperti majelis Syekh Abdul
Kadir al-Jailani.
Sifat lemah lembut, kasih sayang, ramah tamah, sabar, dan pemurah
sangatlah tampak pada diri beliau, sehingga beliau dikasihi dan
disayangi oleh segenap lapisan masyarakat, sahabat dan anak murid. Kalau
ada orang yang tidak senang melihat akan keadaan beliau dan menyerang
dengan berbagai kritikan dan hasutan maka beliaupun tidak pernah
membalasnya. Beliau hanya diam dan tidak ada reaksi apapun, karena
beliau anggap mereka itu belum mengerti, bahkan tidak mengetahui serta
tidak mau bertanya.
Tamu-tamu yang datang ke rumah beliau, pada umumnya selalu beliau
berikan jamuan makan, apalagi pada hari-hari pengajian, seluruh murid
murid yang mengikuti pengajian yang tidak kurang dari 3.000-an,
kesemuanya diberikan jamuan makan. Sedangkan pada hari hari lainnya
diberikan jamuan minuman dan roti.
Beliau adalah orang yang mempunyai prinsip dalam berjihad yang
benar-benar mencerminkan apa apa yang terkandung dalam Alquran, misalnya
beliau akan menghadiri suatu majelis yang sifatnya dakwah Islamiyah,
atau membesarkan dan memuliakan syi’ar agama Islam. Sebelum beliau pergi
ke tempat tersebut lebih dulu beliau turut menyumbangkan harta beliau
untuk pelaksanaannya, kemudian baru beliau datang. Jadi benar-benar
beliau berjihad dengan harta lebih dahulu, kemudian dengan anggota
badan. Dengan demikian beliau benar-benar mengamalkan kandungan ayat
Alquran yang berbunyi: Wajaahiduu bi’amwaaliku waanfusikum fii
syabilillah.
‘Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani
adalah satu-satunya Ulama di Kalimantan, bahkan di Indonesia yang
mendapat izin untuk mengijazahkan (bai’at) thariqat Sammaniyah, karena
itu banyaklah yang datang kepada beliau untuk mengambil bai’at thariqat
tersebut, bukan saja dari Kalimantan, bahkan dari pulau Jawa dan daerah
lainnya.
‘Alimul’allamah Al ‘Arif Billah Asy Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani dalam
mengajar dan membimbing umat tidak mengenal lelah dan sakit. Meskipun
dalam keadaan kurang sehat, selama masih mampu, beliau masih tetap
mengajar dan memberi pengajian.
Dalam membina kesehatan para peserta pengajian dalam waktu-waktu
tertentu beliau datangkan dokter spesialis untuk memberiikan penyuluhan
kesehatan sebelum pengajian dimulai, seperti dokter spesialis jantung,
paru paru, THT, mata, ginjal, penyakit dalam, serta dokter ahli
penyakit menular dan lainnya. Dengan demikian beliau sangatlah
memperhatikan kesehatan para peserta pengajian dan kesehatan lingkungan
tempat pengajian.
Berbagai karomah (kelebihan) telah diberikan oleh Allah kepada beliau.
Ketika beliau masih tinggal di Kampung Keraton (Martapura), biasanya
setelah selesai pembacaan maulid, beliau duduk-duduk dengan beberapa
orang yang masih belum pulang sambil bercerita tentang orang orang tua
dulu yang isi cerita itu untuk dapat diambil pelajaran dalam
meningkatkan amaliyah.
Tiba tiba beliau bercerita tentang buah rambutan, pada waktu itu masih
belum musimnya; dengan tidak disadari dan diketaui oleh mereka yang
hadir beliau mengacungkan tangannya kebelakang dan ternyata di tangan
beliau terdapat sebiji buah rambutan yang masak, maka heranlah semua
yang hadir melihat kejadian akan hal tersebut. Dan rambutan itupun
langsung beliau makan.
Ketika beliau sedang menghadiri selamatan dan disuguhi jamuan oleh
shahibul bait (tuan rumah) maka tampak ketika, itu makanan, tersebut
hampir habis beliau makan, namun setelah piring tempat makanan itu
diterima kembali oleh yang melayani beliau, sesudah dilihat, ternyata
makanan yang tampak habis itu masih banyak bersisa dan seakan-akan tidak
pernah dimakan oleh beliau.
Pada suatu musim kemarau yang panjang, di mana hujan sudah lama tidak
turun sehingga sumur-sumur sudah hampir mengering, maka cemaslah
masyarakat ketika itu dan mengharap agar hujan bisa segera turun.
Melihat hal yang demikian banyak orang yang datang kepada beliau mohon
minta doa beliau agar hujan segera turun, kemudian beliau lalu keluar
rumah dan menuju pohon pisang yang masih berada di dekat rumah beliau
waktu itu, maka beliau goyang-goyangkanlah pohon pisang tersebut dan
ternyata tidak lama kemudian, hujanpun turun dengan derasnya.
Ketika pelaksanaan Haul Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari yang ke 189 di
Dalam pagar Martapura, kebetulan pada masa itu sedang musim hujan
sehingga membanjiri jalanan yang akan dilalui oleh ‘Alimul ‘allamah Al
‘Arif Billah Asy-Syeikh H. M. Zaini Abdul Ghani menuju ke tempat
pelaksanaan haul tersebut. Keadaan itu sempat mencemaskan panitia
pelaksana haul tersebut, namun dan tidak disangka sejak pagi harinya
jalanan yang akan dilalui oleh beliau yang masih digenangi air sudah
kering, sehingga dengan mudahnya beliau dan rombongan melewati jalanan
tersebut; dan setelah keesokan harinya jalanan itupun kembali digenangi
air sampai beberapa hari kemudian.
Banyak orang orang yang menderita sakit seperti sakit ginjal, usus yang
membusuk, anak yang tertelan peniti, ibu yang sedang hamil dan bayinya
jungkir (sungsang) serta meninggal dalam kandungan, di mana semua kasus
ini menurut keterangan dokter harus dioperasi. Namun keluarga sisakit
kemudian pergi minta didoakan oleh ‘Allimul’allamah ‘Arif Billah Asy
Syekh H. M. Zaini Abdul Ghani. Dengan air yang beliau berikan kesemuanya
dapat tertolong dan sembuh tanpa dioperasi.
Demikianlah di antara karamah dan kekuasaan Tuhan yang ditunjukkan kepada diri seorang hamba yang dikasihi-Nya.
Sebelum wafat, Tuan Guru H.M. Zaini Abdul Ghani telah menulis beberapa buah kitab, antara lain:
- Risalah Mubaraqah.
- Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muharnmad bin Abdul Karim Al-Qadiri Al-Hasani As-Samman Al-Madani.
- Ar-Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah.
- Nubdzatun fi Manaqibil Imamil Masyhur bil Ustadzil a’zham Muhammad bin Ali Ba’alawy.
Beliau juga sempat memberikan beberapa pesan kepada seluruh masyarakat Islam, yakni:
1. Menghormati ulama dan orang tua
2. Baik sangka terhadap muslimin
3. Murah hati
4. Murah harta
5. Manis muka
6. Jangan menyakiti orang lain
7. Mengampunkan kesalahan orang lain
8. Jangan bermusuh-musuhan
9. Jangan tamak atau serakah
10.Berpegang kepada Allah, pada kabul segala hajat
11.Yakin keselamatan itu pada kebenaran.
Setelah sempat dirawat selama lebih kurang 10 hari di rumah sakit Mount
Elizabeth Singapura, karena penyakit ginjal yang beliau derita, pada
hari Rabu, 5 Rajab 1426 H bertepatan dengan 10 Agustus 2005, beliau pun
kembali menghadap Allah SWT. Innalillahi wa Inna Ilaihi Raaji’un,
telah diangkat oleh Allah SWT ilmu melalui kewafatan seorang ulama.
Seluruh masyarakat Kalimantan merasa kehilangan seorang Tuan Guru yang
menjadi panutan, penerang, dan penyuluh kehidupan umat. Kini umat Islam
di Martapura dan Kalimantan Selatan umumnya, menantikan kembali,
hadirnya generasi baru –ulama panutan– yang akan menggantikan atau
paling tidak memiliki kharisma dan ilmu sebagaimana yang dimiliki oleh
Guru Sekumpul, untuk memimpin dan membimbing umat menuju kedamaian di
bawah ridha Allah SWT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar